Thursday 28 July 2016

Pengganti Anies Baswedan Sebagai Menteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan - Muhadjir Effendy

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sudah secara resmi mengumumkan perombakan kabinet (reshuffle) Jilid II. Salah satu yang ditunjuk adalah Prof Muhadjir Effendy. Mantan rektor Universitas Muhammadyah Malang (UMM) menggantikan posisi AniesBaswedan sebagai Menteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengumuman reshuffle diumumkan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta hari Rabu 27 Juli 2016 dan melantik para menteri baru pada hari yang sama.

Muhadjir memiliki rekam jejak yang panjang dalam dunia pendidikan.  Selama 30 tahun lebih berkarya di UMM baik sebagai ketua bidang penalaran, Pembantu Rektor III, Pembantu Rektor I hingga menjadi Rektor selama tiga periode (2000-2016).

Selain aktif di dunia pendidikan, Muhadjir juga aktif di beberapa lembaga sosial. Di Muhammadiyah, ia adalah Ketua Pimpinan Pusat bidang Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan.  Saat ini ia juga menjadi anggota Dewan Research Daerah Jawa Timur. Selain itu Muhadjir adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS), Ketua Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Jawa Timur, Wakil Ketua Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS). Ia juga tercatat sebagai anggota Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jawa Timur.

Muhadjir yang juga dikenal sebagai pengamat militer ini, adalah penulis yang produktif. Tulisannya banyak menyoroti masalah agama, pendidikan, sosial, politik, dan militer. Suami dari Suryan Widati, SE.,MSA.,Ak.,CA dan ayah tiga anak ini, sudah mengasah kemampuan menulisnya semenjak mahasiswa. Ia aktif sebagai wartawan kampus hingga mendirikan surat kabar kampus UMM, BESTARI pada 1986.

Lahir di Madiun, 29 Juli 1956, Muhadjir Efendi adalah putra ke-6 dari 9 bersaudara. Orang tuanya adalah Bapak Soeraja dan Ibu Sri Soebita.  Ayahnya adalah seorang guru madrasah, kepala desa dan aktif di partai politik Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).

Mudhadjir memulai pendidikan tingginya di Fakultas Tarbiyah IAIN Malang (kini bernama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) dan memperoleh gelar Sarjana Muda (BA) pada tahun 1978. Setelahnya, ia melanjut ke IKIP Malang dan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Sosial pada tahun 1982.  Gelar Magister Administrasi Publik (MAP) ia raih dari Universitas Gajah Mada tahun 1996.  Pada tahun 2008, Muhadjir berhasil menyelesaikan pendidikan S3 bidang militer di Program Doktor Universitas Airlangga.


Selain pendidikan formal, ia juga beberapa kali mengikuti kursus dan workshop diluar negeri antara lain di National Defence University, Washington DC (1993), di Victoria University, British Columbia, Canada (1991) dan di Davao City, Philiphines (2009) (dari berbagai sumber)

Selamat bertugas Pak Prof Muhadjir Effendy.

No comments:

Post a Comment