Thursday 19 May 2016

H.R. Mohamad Mangoendiprodjo - Tokoh PETA



H.R. Mohamad Mangoendiprodjo lahir di Sragen, Jawa Tengah, pada tanggal 5 Januari 1905. Dia adalah cicit dari Setjodiwirjo atau Kiai Ngali Muntoha, salah seorang keturunan Sultan Demak. Setjodiwirjo sendiri merupakan teman seperjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah Belanda. Keduanya memperluas pemberontakan melawan penjajah Belanda hingga ke daerah Kertosono Ngawi, dan Banyuwangi, Jawa Timur. 

Setelah lulus dari OSVIA pada 1927, Mohamad Mangoendiprodjo menjadi Pamong Pradja. Sebenarnya, ia bisa hidup dengan berkecukupan, sebagai Wakil Kepala Jaksa dan kemudian Asisten Wedana, di Jombang. Namun rasa kebangsaannya dan keinginan membela negara, pada 1944, ketika berusia 38 tahun, ia bergabung menjadi Tentara Pembela Tanah Air (PETA).

Setelah lulus pendidikan, Mohamad ditugaskan sebagai Daidancho atau Komandan Batalyon di Sidoardjo. Setelah Jepang menyerah dan Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, maka Bung Karno membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di seluruh Indonesia, termasuk Surabaya.

Saat tentara sekutu bersama pemerintah Sipil Belanda (NICA) ingin menjajah kembali Indonesia dan melakukan pendaratan di Surabaya pada 25 Oktober 1945, Mohamad bersama para pemimpin TKR lainnya yang telah dididik PETA, seperti Bung Tomo, Doel Arnowo, Abdul Wahab, Drg Moestopo, melakukan perlawanan terhadap para penjajah baru.

Pada akhir Oktober, pertempuran antara pemuda dan tentara Sekutu, terjadi di seluruh Kota Surabaya. Pimpinan Sekutu meminta pertemuan untuk melakukan gencatan senjata dengan Bung Karno dan Bung Hatta pada 29 Oktober 1945, di Surabaya.

Pada pertemuan tersebut, Muhamad diangkat sebagai pimpinan seluruh TKR Jawa Timur dan sebagai kontak biro dengan pihak Sekutu. Surat keputusan ini kemudian ditanda-tangani oleh Jendral Oerip Soemomihardjo, seperti juga surat keputusan pengangkatan pimpinan TKR Jawa Tengah, kepada Jendral Soedirman.

Pada hari yang sama, sore harinya, Mohamad bersama Brigadir Mallaby berpatroli keliling kota Surabaya untuk melihat progres gencatan senjata. Rombongan ini berhenti di Jembatan merah depan Gedung Internatio.

Di Dalam gedung, tentara Inggris dari kesatuan Gurkha, sedang dikepung oleh pemuda-pemuda Indonesia diluar gedung, untuk diminta menyerah. Mohamad masuk ke dalam gedung yang dikuasai Inggris untuk melakukan negosiasi.
Tanpa disangka, Mohamad kemudian disandera oleh tentara Ghurka dan terjadilah tembak-menembak antara tentara Inggris dan pemuda Surabaya. Mobil Mallaby meledak dan terbakar, hingga sang jenderal tewas di dalam mobil.

Meninggalnya Mallaby, yang merupakan Jenderal Inggris pertama yang mati berperang di Indonesia, membuat pihak Inggris marah dan menggemparkan dunia. Inggris mengultimatum agar rakyat Surabaya yang mempunyai senjata, untuk menyerah dengan mengangkat tangan setinggi-tingginya.

Ultimatum itu tentunya ditolak oleh Mohamad, serta jajaran TKR dan pemuda Surabaya, sehingga pada 10 Nopember 1945, Surabaya dihancurkan Inggris melalui darat, laut dan udara dan pecahlah perang terbuka.

Pertempuran di Surabaya ini nantinya berlangsung selama 22 hari dengan korban TKR 6315 pejuang. Mohamad walaupun terkena pecahan mortir di pelipisnya, tetap terusmemimpin pertempuran melawan tentara Sekutu. Pertempuran ini menandai awalnya Indonesia sebagai negara yang berdaulat yang tidak mudah untuk dijajah kembali.

Setelah pertempuran Surabaya, Mohamad dipromosikan menjadi mayor jenderal dan menjadi kepala staf TNI, yang surat keputusannya ditanda-tangani Presiden Sukarno. Setelah mengakhiri karier militer, Mohammad menerima tugas Sukarno menjadi bupati Ponorogo.

Tugas Mohamad adalah untuk mengamankan daerah Madiun setelah pemberontakan PKI Muso. Ia kemudian menerima tugas selanjutnya sebagai Residen (Gubernur) pertama Lampung, untuk juga mengendalikan keamanan di daerah ini.

Pada tanggal 13 Desember 1988, Mohamad meninggal dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di kota Bandar Lampung. Mohamad adalah ayah dari Letjen Himawan Soetanto, Mertua dari Menko Polkam Soesilo Soedarman, Eyang dari Menko Maritim Indroyono Soesilo, dan Eyang dari anggota DPR Aroem Hadiati.

Sumber : http://www.republika.co.id

No comments:

Post a Comment