Tuesday 26 July 2016

Ketua Timses Jokowi-JK Menjadi Mendagri - Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo, SH adalah salah satu politikus PDI-P yang ditunjuk Jokowi menjadi menteri di Kabinet Kerja. Posisi yang dipercayakan kepadanya adalah sebagai Menteri Dalam Negeri.

Sebelumnya,  Tjahjo Kumolo adalah anggota DPR. Di Pemilu 2014  Tjahjo Kumolo terpilih  dari daerah pemilihan Jawa Tengah I. Ini artinya ia menjadi anggota DPR selama 6 periode mulai tahun 1987.  PDI-P bukanlah satu-satunya partai tempat Tjahjo Kumolo bernaung. Sebelum bergabung dengan PDI-P pada tahun 1998, ia adalah anggota Partai Golongan Karya.

Jabatan terakhirnya di PDI-P adalah sebagai Sekjen untuk periode 2010-2015, setelah diberikan mandat oleh Megawati pada Kongres III PDI-P di Bali tahun 2010.

Di usia muda Tjahjo Kumolo juga sudah aktif dalam berbagai kegiatan organisasi, seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pemuda Panca Marga (PPM)/FKPPI.

Tjahjo Kumolo lahir di Solo, 1 Desember 1957.  Pendidikan SD hingga Sarjana ditempuh Tjahjo Kumolo di kota Semarang. Ia lulus dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro pada tahun 1985.  Suami dari dr. Erni Guntari ini juga penah mengikuti Kursus Singkat Angkatan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta  pada 1994.

Pada Pilpres 2014 kemaren, Tjahjo Kumolo terpilih menjadi  Ketua Tim Pemenangan Jokowi – JK. Kerja keras Tjahjo Kumolo bersama timnya cukup berhasil yaitu terpilihnya Jokowi – JK sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden. Dan Tjahjo Kumolo pun didaulat sebagai Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019. (dari berbagai sumber)


No comments:

Post a Comment